Jumat, 04 September 2015

Mendengarkan Musik Ternyata Banyak Manfaatnya

Musik banyak yang menyebutnya sebagai bahasa universal. Musik merupakan sebuah karya seni yang dapat digunakan untuk bersenang-senang, selain itu, musik juga sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik maupun mental. Apa saja manfaatnya? Berikut ini beberapa manfaat mengejutkan dari mendengarkan musik.

1. Musik Menurunkan Stres

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Gothenburg Mengungkapkan bahwa seseorang yang yang suka mendengarkan musik kesukaan setiap sore dan sebelum melakukan aktivitas membuat kondisi psikologis menjadi lebih baik dan menurunkan stres.

2. Melindungi Pendengaran

Mendengarkan musik dengan volume keras memang dapat merusak pendengaran. Namun, sebuah penelitian pada tahun 2001 yang dimuat oleh Washington Post mengungkapkan bahwa seseorang suka mendengarkan musik selama hidup mereka memiliki pendengaran yang lebih baik. Ini karena dengan sering mendengarkan musik dapat melatih otot dan pendengaran. Akan tetapi, tetap saja jangan mendengarkan musik dengan volume yang snagat keras, apalagi ketika mendengarkan musik menggunakan headphone.

3. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University Maryland Meddical Center mengungkapkan bahwa seseorang yang mendengarkan musik ceria memiliki aliran darah yang lebih dara yang lebih lancar mencapai 26 pesen. Namun, jika seseorang mendengarkan musik sedih maka aliran darahnya akan menurun hingga enam persen.

4. Meredakan Sakit

Menurut penelitian yang dilakukan di University of Utah Pain Research Center mengungkapkan bahwa mendengarkan musik dapat membuat seseorang melupakan rasa sakit dan nyeri yang ia derita. Ini disebut dengan pengalihan rasa sakit.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda